Monday, January 30, 2012

Terapi Pijat Es Sebelum Persalinan


Sakit hebat menjelang persalinan membuat ngeri sebagian wanita untuk hamil. Padahal bongkahan es batu yang biasanya dipakai untuk mengawetkan ikan laut bisa membebaskan mereka dari penderitaan itu. Cara ini sangatlah mudah hanya memasukkan pecahan es secukupnya kedalam handuk tangan. Lalu di tekan-tekankan pada titik di punggung tangan di antara jempol dan telunjuk (di sebut LI-4 pada pengobatan tradisional cina). Cara ini efektif meredam sakit akibat kontraksi.
Terapi pijat es ini saya dapatkan dari sebuah jurnal (Journal of Midwife and Woman’s Health). Sebuah studi ini di lakukan pada 49 wanita hamil berusia 16-38 tahun yang sedang menanti kelahiran buah hatinya. Mereka mendapat terapi pijat es selama kontraksi berlangsung pada salah saltu tangan.
Pemijatan di ulangi pada tangan lainnya begitu kontraksi selanjutnya terjadi, terapi ini terus dilakukan bergantian hingga total waktu terapi mencapai 20 menit atau sudah mencapai kotraksi ke-4.
Hasilnya dar terapi ini intensitas dan derajat kenyerian berkurang. Intensitas sakit berkurang 19% bila pemijatan dilakukan pada tangan kanan dan tangan kiri 50%. Derajat kenyerian pun hanya menyebabkan ketidaknyamanan, tidak sampai membuat stress dari pada menghindari sakit dengan bius tapi beresiko terhadap bayi yang dilahirkan, para ibu labih memilih terapi pijat es yang aman dan bisa dilakukan oleh siapa pun.

No comments:

Post a Comment

please leave your comment about my blog or this posting here ^_^
If you find a broken link (you can not Downloads)
Please leave us your comments posts along with the names or names of broken file


budayakanlah memberikan komentar setelah membaca asal jangan spam ^_^
jika anda menemukan link yang rusak (tidak bisa anda download)
silahkan tinggalkan komentar anda beserta nama posting atau nama file yang rusak

Powered by Blogger.